Cara kerja Iklan PPC (Pay Per Click) : Google AdWords, Bing Ads, dll

Cara kerja Google AdWords

Pada dasarnya, setiap aktifitas ber-iklan di dalam Internet Marketing akan melewati proses yang mirip, apakah itu beriklan dengan Google AdWords atau dengan menggunakan Facebook Ads. Hanya memang ada perbedaan diantara keduanya, yang akan dijelaskan di dalam artikel lainnya.

  • Keyword Research, melakukan riset keyword apa saja yang berhubungan dengan produk atau jasa kita. Selain relevan, juga dapat dibandingkan dengan budget. Jangan karena tergoda dengan hasil riset yang menyatakan bahwa ada 50 keyword yang memiliki pencarian dengan jumlah tinggi per bulannya, lalu dimasukkan semuanya tanpa di-pilah terlebih dahulu. Di dalam iklan PPC, setiap iklan yang diklik akan dikenakan biaya. Setiap keyword memiliki harga / biaya yang berbeda. Perbedaan harga tersebut juga berubah secara dinamis di setiap waktu. Keyword yang popular biasanya memiliki tingkat persaingan yang tinggi, begitu juga dengan harganya. Jika hanya memiliki budget yang terbatas, akan jauh lebih baik untuk memilih keyword yang akan digunakan untuk iklan PPC. Jangan karena mengejar keyword popular lalu baru 2 jam iklan sudah tidak tayang karena budget habis.
  • Ad Creation, proses pembuatan Iklan itu sendiri, yang biasanya akan melibatkan informasi mengenai produk dan jasa yang ditawarkan. Berhubung space yang terbatas, harus hati hati dalam memilih kata kata atau informasi yang ditulis agar tepat sasaran dan menarik minat calon pelanggan.
  • Landing Page Development, merupakan halaman tempat para calon pelanggan Landing (mendarat) setelah meng-klik iklan PPC. Biasanya Landing Page (LP) ini jarang mendapatkan perhatian, padahal salah satu point besarnya adalah disini. Di dalam LP ini dapat berisikan semua perihal produk atau jasa yang ingin disampaikan kepada calon pelanggan. Ada baiknya setiap LP berisikan informasi yang unik dan rinci mengenai satu produk / jasa yang ditawarkan. Di dalam LP juga dapat dibuatkan Call to Action (CTA) atau ajakan melakukan sesuatu, seperti melakukan pendaftaran, dll.
  • Tracking Installation and Testing, di dalam iklan Google AdWords juga dapat ditanamkan Tracking untuk dapat ditelusuri sampai sejauh mana efektifitas dari iklan tersebut.
  • Campaign Launch, kampanye iklan ditayangkan, biasanya dalam waktu tidak terlalu lama iklan PPC sudah tayang dan muncul di halaman pencarian mesin pencari.
  • Monitor Performance, Campaign Assessment,  Analysis and Feedback. Performansi dari iklan yang ditayangkan sebaiknya dimonitor. Jika tidak sempat dilakukan setiap hari, dapat dilakukan beberapa hari sekali. Jika hasilnya kurang baik, dapat dilakukan beberapa perubahan. Akan tetapi untuk melakukan perubahan sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering, seperti sehari berubah beberapa kali. Hal ini dapat mengganggu aktifitas dari algoritma yang digunakan oleh mesin pencari.

Scroll Up