Peran Branding Bagi Perusahaan

Banyak orang keliru dan berpikir bahwa brand dan branding adalah sebuah kata yg memiliki arti yang sama, padahal keduanya berbeda.
Brand merupakan merek dagang/produk yang dimiliki oleh perusahaan, sedangkan branding adalah bagaimana perusahaan mengkomunikasikan brand dalam rangka membangun dan membesarkan nama brand itu sendiri.

Beberapa tahun lalu mungkin sebuah perusahaan tidak perlu bersusah payah untuk membentuk opini masyarakat terhadap brand yang mereka miliki, dimana brand pada saat itu masih terbatas dalam jumlah pesaing. Sehingga konsumen saat itu cendrung menerima saja apa benefit yang diberikan.
Namun di era saat ini dengan persaingan yang semakin ketat, konsumen memiliki banyak opsi dan menjadi semakin kritis. Oleh karena itulah branding yang tepat perlu dilakukan oleh setiap perusahaan. Agar brand perusahaan tersebut memiliki daya saing yang dapat memikat hati konsumen.

Ada beberapa tahap proses dalam membangun branding sebuah perusahaan.
Dimulai dari tahap awareness (mengetahui),tahap menyukai (konsumsi) hingga tahap loyal (marketing free, biasanya tanpa disuruh konsumen secara suka rela akan mempromosikan produk yang dimiliki oleh perusahaan tanpa paksaan dari perusahaan tersebut).

Branding yang baik dimulai dari melihat pada nilai dalam brand itu sendiri. Apakah sudah dalam tahap awareness ataupun tahap loyal. Karena hal tersebut akan berdampak pada startegi pendekatan branding yang akan dilakukan.
Seperti dalam tahap awareness, maka perusahaan harus melakukan informasi brand secara terus menerus kepada pihak konsumen, ketika sudah masuk kedalam tahap mengenal maka proses branding yang harus dilakukan adalah membuat kegiatan komunikasi yang memicu rasa penasaran konsumen untuk mau mencoba dan membeli produk yang ditawarkan.
Setelah konsumen mencoba dan tertarik maka branding yang dilakukan selanjutnya adalah mencari cara agar konsumen selalu ingat dengan produk yang ditawarkan sehingga mereka akan melakukan pembelian lagi dan lagi.

Selain melakukan branding, hal lain yang perlu dilakukan adalah melakukan riset target market serta melakukan inovasi baru dalam produk yang sesuai dengan situasi dan kondisi konsumen pada saat itu.

Selamat mencoba.

Scroll Up