Sejarah dan Asal Usul Internet Marketing

Seperti Apa Sejarahnya Internet Marketing? Darimana Asal Usul Internet Marketing?

Sejarah dan asal usul internet marketing ternyata dimulai dari proses jual beli. Perdagangan adalah kegiatan ekonomi tertua yang pernah diciptakan umat manusia. Dalam rangka pemenuhan kebutuhan hidup dan melakukan motif ekonomi, manusia mengembangkan konsep dagang mereka. Mulai dari barter, pertukaran dengan logam mulia, sampai ditemukannya mata uang. Semakin maju zaman, semakin mudah transaksi dilakukan.

Dalam perjalanannya kegiatan niaga ini butuh alat untuk terus berlangsung. Alat itu bernama marketing (pemasaran). Dulu manusia mungkin harus mengeluarkan tenaga lebih untuk memasarkan produk berupa barang dan jasa yang ditawarkan.

Mereka masih harus pintu ke pintu dan membawa barang jualannya ke sana ke mari. Untungnya akal manusia mampu menciptakan dunia tanpa batas bernama internet. Dampak internet ini begitu luas dan kuatnya bagi dunia marketing. Dengan ditemukannya internet, maka bisa dikatakan sejarah internet marketing, dan asal-usul internet marketing juga dimulai.

Seperti Apa Sejarahnya Internet Marketing?

Setelah Alan Turing menemukan komputer, manusia sudah mulai memikirkan cara bagaimana agar alat ini bisa membantu manusia dalam memasarkan produknya. Inilah langkah awal seperti apa sejarahnya internet marketing. Di tahun 1960-an teknologi internet baru mendunia secara luas, dan membuat seluruh marketer sadar bahwa ada media lain dengan cakupan lebih luas yang dapat mereka gunakan.

Mengutip dari Liputan 6, 27 November 2015, Inilah Iklan Pertama di Internet, tekno.liputan6.com, yang diakses pada pukul 01:45 PM hari Rabu, 20 Juli 2016, iklan pertama di internet adalah sebuah ajakan untuk melihat sebuah produk terbaru dari sebuah komputer.

Bentuknya seperti spam dan tertempel di email. Jadi bukan dari website atau pop up seperti sekarang. Memang belum bisa dipastikan apakah itu iklan pertama atau bukan, mengingat tidak adanya sumber atau lembaga pasti yang mencatat tentang sejarah dan asal-usul internet marketing.

Darimana Asal Usulnya Internet Marketing?

Siapa sangka model internet marketing paling ‘primitif’ itu sekarang diadopsi oleh model internet marketing seperti pesan massal (broadcast message)?

Barulah setelah itu situs-situs di internet berdiaspora secara massif. Inilah awalnya darimana asal usulnya internet marketing. Membuat seluas-luasnya kesempatan bagi semua perusahaan atau perorangan untuk memasarkan produknya secara nyata. Bahkan barang yang tidak ada stoknya pun bisa dipasarkan.

Internet diciptakan dari jaringan-jaringan data yang terhubung dari seluruh dunia. Menghubungkan banyak orang dan perusahaan. Sebuah pangsa pasar yang cukup menggiurkan. Apalagi seiring perkembangan zaman dan imajinasi manusia, template internet tidak kaku hanya sebatas  layar datar komputer. Ada telepon pintar dengan berbagai fitur seperti aplikasi chatting, dan media sosial yang semuanya bekerja dengan byte-byte data dari internet.

Sejarah internet marketing dan asal-usul internet marketing mungkin tidak sepenting marketing konvensional yang da diajarkan pada kurikulum sekolah atau silabus mata kuliah. Tapi sekarang internet marketing urgensinya melebihi marketing dengan format offline. Kemudahan yang ditawarkan internet marketing sangat menggiurkan untuk tidak digunakan.

Munculnya beberapa media sosial seperti Facebook, Blackberry Messangers, Twitter, dan yang terbaru, Instagram, bisa dikatakan sebagai era baru dari sejarah dan asal usul internet marketing modern. Rasanya tidak ada brand atau perusahaan yang tidak memiliki akun media sosial sekarang. Karena di media sosial ini target pasar dan perilaku konsumen mereka bisa terekam.

Media sosial juga memungkinkan penjual dan pembeli berinteraksi secara nyata tanpa harus bertatap muka, tanpa harus melihat bentuk fisik barang dagangan, namun tetap bisa menggunakan fitur paling umum dari sebuah kegiatan perdagangan bernama tawar menawar.

Dengan adanya internet marketing, rasanya menjual apa saja menjadi mudah. Tinggal bagaimana strategi pemasaran yang akurat untuk diterapkan.

Scroll Up