Tips foto produk dengan kamera Handphone Untuk jualan Online

Mengapa menggunakan kamera Handphone dan bukan DSLR (kamera digital) ? Kamera DSLR memang menghasilkan foto yang tajam, dengan resolusi yang tinggi, namun untuk keperluan foto jualan online Anda tidak memerlukan resolusi yang tinggi dengan ukuran file yang besar, sehingga menggunakan kamera Handphone bisa menjadi alternative yang pas sebagai pengganti fungsi DSLR. Selain kamera Handphone yang sudah semakin canggih, ukuran yang dihasilkan juga relative lebih kecil sehingga mengupload foto produk juga lebih cepat (sangat berguna bila Anda memiliki beragam produk yang harus di upload).
Namun tentu saja foto produk yang menarik sangat penting guna memikat hati calon pembeli. Oleh Karena itu PT KSG Consulting punya beberapa tips yang dapat digunakan untuk menghasilkan foto produk yang menarik.

1. Siapkan background yang pas untuk foto produk
Buat Anda yang baru memulai bisnis, dan produk Anda terbilang cukup mungil, nggak perlu repot-repot menyewa studio foto. Buat sendiri studio mini di rumah dengan peralatan sederhana.

Gambar 1.1

Gambar 1.1Anda hanya memerlukan dus yang sudah tidak digunakan, kertas minyak / HVS, karton putih, gunting dan lem (gambar 1.1). Atau bisa juga menggunakan media Laptop sebagai background (gambar 1.2).

 

Gambar 1.2
Gambar 1.2

Background foto yang polos dan berwarna netral seperti putih dapat menonjolkan sisi detail dan memberi kesan cerah pada produk. Jangan lupa perhatikan jatuhnya bayangan gelap pada produk Anda, tambahkan kertas putih di sisi yang gelap untuk mengakalinya.

2. Cukup Cahaya
Karena kamera Handphone tidak sesensitif kamera DSLR (kamera digital), sebaiknya foto dilakukan di tempat yang terdapat banyak cahaya, seperti di luar ruangan (outdoor), di samping jendela yang mendapatkan cahaya terang dari luar, namun bila tidak memungkinkan gunakanlah lampu belajar/sejenis untuk menambah efek cahaya (seperti gambar 2.1). Karena kurangnya cahaya dapat menyebabkan hasil foto menjadi noise (berbintik), gelap dan terkadang tidak fokus.

Gambar 2.1
Gambar 2.1

3. Jangan ragu untuk memotret produk dari berbagai macam sudut
Taukah kamu bahwa fotografer professional selalu mengambil foto produk dari semua sisi dengan beberapa sudut yang berbeda ? Dengan banyaknya pilihan posisi foto produk diharapkan kita bisa memiliki banyak opsi untuk mendapatkan gambar produk yang paling baik/ menarik.

4. Kenali fitur kamera di Handphone Anda
Sebelum memotret pastikan Anda telah memaksimalkan pengaturan kamera di Handphone Anda, seperti ukuran gambar , ISO yang tepat, white balance yang sesuai, dsb. Agar hasil foto yang didapat juga maksimal.

5. Hindari melakukan Zoom In/perbesar pada kamera Handphone
Hasil dari kamera handphone cenderung memperkecil obyek foto, usahakan memotret dari jarak yang cukup agar keseluruhan obyek bisa memenuhi frame tanpa harus di zoom. Perbesaran ini akan menurunkan resolusi foto secara keseluruhan dan membuat foto menjadi tidak tajam.

6. Percantik hasil foto dengan aplikasi “Edit photo” yang ada di Handphone dengan tidak berlebihan
Salah satu kelebihan foto menggunkan kamera handphone adalah banyaknya pilihan aplikasi edit foto. Gunakan aplikasi yang sesuai untuk mempercantik hasil produk foto, seperti penambahan filter, mengatur contrast dan brightness. Penting untuk diingat agar tidak terlalu berlebihan dalam mengedit foto, Karena bisa menjadi “senjata makan tuan” ketika pembeli merasa kecewa dengan produk yang diterima karena tidak secantik yang ada di foto yang Anda unggah/up load.

Demikian beberapa tips dari PT KSG Consulting, selamat mencoba.

Note : Gambar diambil dari google

Scroll Up